Home » » Tips Aman Berkendara Saat berbelok di Tikungan

Tips Aman Berkendara Saat berbelok di Tikungan


Banyak pengendara yang mencoba untuk berbelok dengan kecepatan tinggi ketika mereka tidak bisa atau kaget menghadapi konsekuensinya. Biasanya berakhir dengan keluarnya motor ke jalur untuk arah yang berlawanan, bahkan keluar dari jalan kadang mereka juga bisa kaget dan mengerem terlalu keras sehingga mengakibatkan slip dan kehilangan kendali.




Berbeloklah di tikungan dengan lebih berhati-hati. Gunakan 4 langkah berikut :
  1. Slow. Kurangi kecepatan sebelum berbelok dng mengurangi gas dan bila perlu gunakan kedua rem
  2. Look. Perhatikan belokan ke arah yg dituju palingkan cuma kepala, jangan sampai bahu ikut berputar pastikan mata tetap di ketinggian horizon.
  3. Press. Untuk berbelok, motor harus dalam keadaan miring guna memiringkan motor, dorong/tekan setang ke arah belokan dorong/tekan pegangan stang kiri - motor miring ke kiri - berbelok ke kiri dorong/tekan pegangan stang kanan - motor miring ke kanan - berbelok ke kanan teknik ini juga sering disebut counter steering ingat, makin inggi kecepatan atau makin tajam belokan memerlukan kemiringan yang makin besar juga.
  4. Roll. Putar lagi gas, pertahankan sepanjang belokan untuk menstabilkan suspensi pertahankan kecepatan konstan atau percepat dng perlahan sepanjang belokan ini akan membuat otor makin stabil.
Saat belokan normal, pengendara dan motornya harus miring dengan derajat yang sama namun saat berbelok dalam kecepatan rendah di belokan tajam. Lakukan counter balance dng memiringkan motor saja dan biarkan tubuh tetap tegak.

Referensi : mileniatech.com

0 comment:

Posting Komentar