Home » » Rahim

Rahim


Rahim adalah bagian tubuh dimana janin terbentuk dan tumbuh sampai kelahiran anak. Dalam istilah kedokteran ia disebut rahim. Rahim adalah organ otot berbentuk bulat yang terletak di kedalaman perut bawah. Pada tahap non-kehamilan, ukurannya hanya 3 x 2 x 1 inchi, tapi rahim secara perlahan-lahan akan membesar seiring dengan perkembangan usia bayi tersebut.


Rahim pada bagian bawah yang sempit disebut dengan leher rahim. Leher rahim menonjol ke sebuah saluran panjang yang membuka di luar. Selama hubungan seksual, cairan seminal yang mengandung sperma mengalir melalui saluran yang disebut vagina.


Pada bagian ujung atas rahim yang lebar membuka pada sisi ke dua saluran panjang yang disebut saluran telur ke kandungan rahim (saluran fallopian). masing-masing saluran berujung pada sebuah lubang berbentuk terowong yang dijaga oleh lima tonjolan seperti jari yang disebut serat. Lubang berbentuk terowong ini terletak dekat dengan indung telur di kedua sisinya. Indung telur adalah organ yang berbentuk seperti bola sebesar kacang tanah yang memproduksi hormon dan telur.

2 comment:

Poskan Komentar