Home » » Mikrokontroler

Mikrokontroler


Mikrokontroler adalah sebuah chip yang  yang didalamnya sudah terdapat mikroprosesor, I/O pendukung, memori bahkan ADC (Analog to Digital Converter) perangkat keras dibuat menjadi semakin canggih, jutaan transistor dijejalkan didalamnya, miniatur dimensi semakin ditingkatkan dengan kemampuan mengolah program yang lebih komplek sehingga memungkinkan untuk aplikasi disegala bidang. Perkembangan perangkat lunak juga berkembang tak terbatas, seakan hanya dibatasi oleh kemampuan imajinasi manusia saja.


Mikrokontroler, adalah mikroprosesor yang dikhususkan untuk instrumentasi dan kendali, contoh kendali aplikasi kendali pada motor, berperan seperti PLC (Programmable Logic Control),  pengaturan pengapian dan injeksi bahan bakar pada kendaraan atau alat mengukur suatu besaran, seperti suhu, tekanan, kelembaban dan lain-lain. Dalam perkembangannya yang begitu cepat, batasan-batasan terebut menjadi kabur, seperti definisi micro dan main frame computer. Beberapa Mikrokontroler disebut  embedded prosesor, atau  embedded prosesor adalah  mikrokontroler, artinya prosesor yang diberikan program khusus yang selanjutnya diaplikasikan untuk akuisisi data dan kendali khusus, dan bisa diprogram ulang.

Beberapa mikrokontroler modern juga sudah dilengkapi dengan DSP (Digital Signal Processor) atau mikrokontroler yang tergolong RISC (Reduced Instruction Set of Computing). Mikrokontroler adalah piranti keras yang tidak akan bisa bekerja kalau tidak ada perangkat lunak, inilah yang membedakan mikroprosesor dengan  rangkaian digital diskrit  kemampuannya untuk diprogram, dan diprogram ulang adalah suatu kelebihan didalam  mikrokontroler atau mikroprosesor, contohnya dalam suatu sistem pengendali lampu lalu lintas dengan rangkaian diskrit perlu menambahkan merubah rangkaian bila diperlukan perubahan sistem, tetapi dengan sistem prosesor atau mikrokontroler, bisa dilakukan dengan hanya merubah program.

3 comment:

  1. tambah lagi gan... :D
    tzmbzh tentang PLC pneumatik dong.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasi diatas, sangat bermanfaat. Kunjungi balik yaa di http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  3. saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika,untuk berbagi pengetahuan
    kami juga mempunyaiartikel semacam ini yang bisa anda kunjungi di Klik Disini , terima kasih

    BalasHapus