Home » » Sejarah Turbin Uap

Sejarah Turbin Uap


Ide dari turbin uap mula-mula timbul pada kira-kira 120 BC, oleh orang yang bernama HERO dari Alexandria yang pada mulanya membuat prototype turbin uap, dengan prinsip turbin reaksi. instalasi ini terdiri dari sebuah bejana yang berisi air yang dipanaskan dengan dapur pemanas. Uap yang terjadi dimasukan ke dalam bola penampung uap dipancang pada tiang yang berporos sehingga bola dapat diputar. Pada bola terdapat beberapa pipa pemancar . akibat keluarnya uap melalui pipa pemancar tersbut berputarlah bola itu, disebabkan adanya reaksi uap yang keluar.



Pada tahun 1890 seorang insinyur swedia bernama GUSTAV DE LAVAL memkbuat turbin satu tingkat, dengan kapasitas 5 Hp. Berhasilnya pembuatan turbin ini pada tahun 1870, mula-mula ia membuat eksperimen dengan pipa pemancar, tapi bukan untuk turbin uap tetapi untuk pengeringan pasir. Ia menghitung besarnya uap dari tekanan tinggi menjadi kecepatan tinggi. Sewbagai alat ekspansi digunakan nozzle kemudian konvergen divergen nozzle. Melalui beberapa percobaan tentang nozzle , ia melihat tenaga reaksi dari pesawat Hero.

Ia sangat tertarik dengan itu kemudian dia membuat roda berputar. Dari tenaga putat ini, Ia teringat kejadian masa lalu dalam beberapa hasil percobaannya. Pada tahun 1882 ia mempunyai penemuan tentang pemisah centrifugal yang sangat baik, sehingga ia menggemari beberapa gerakan itu dengan kecepatan yang tinggi. Roda gigi menimbulkan suara gaduh dan memerlukan tenaga untuk memutarkannya. Tenaga listrik belum dapat dipakai untuk mengerjakan sawa. Akhirnya ingatannya kembali pada kejadian nozzle, dan hal itu di hubungkan dengan pemisah sentrifugal tadi dari kombinasi kedua hal tesebut de lavak menemukan turbin aksi satu tingkat tekanan dan satu tingkat kecepatan. Akan tetapi kecepatan putar pada turbin sangat cepat yakni 40.000 putaran per menit.beberapa agregat syarat dari model yang pertama rontok, disebabkan gaya sentrifugaklnya dan getaran yang terjadi. Selanjutnya DE LAVAL menghitung poros fleksibel dengan teliti untuk mengikuti putaran turbin itu. Di industri turbin DE LAVAL banyak di pakai untuk menggerakkan generator

Pada tahun 1884, seorang inggris yang bernama CA Parson menemukanb turbin dengan prinsip reaksi. Turbin ini dipakai pada beberapa kebutuhan pada lapangan industri. Kecepatan uap yang mengalir melalui turbin reaksi dengan banyak tingkat ini relative sangat rendah, yakni 100-200 m/detik.

Perkembangan selanjutnya, dimulai pada tahun 1898, dengan dasar dari turbin DE LAVAL, maka oleh Charles Gordon Cutis (insinyur Amerika) dapar mengurangi kecepatan putar turbin dengan jenis turbin aksi yang dibuat dengan beberapa tingkat kecepatan satu tekanan.

Pada tahun 1990 turebin ini di demonstrasikan di Amerika. Turbin tersebut mempunyao dua sudu jalan, di antara kedua sudu jalan tersebut di pasang sudu antar yang di pasang mati pada rumah turbin, sehingga putaran sudu antar seakan-akan berlawanan dengan putaran sudu jalan. Untuk turbin dengan dua tingkat kecepatan dan satu tingkat tekanan dibuat pula oleh lenin Nevsky. Hampir semua turbin dikonstruksi dengan turbin radial, artinya aliran uap dimasukkan sejajar dengan poros turbin.

0 comment:

Poskan Komentar