Home » » Radiator

Radiator


Radiator adalah komponen atau alat yang digunakan untuk mendinginkan lingkungan kerja yang berada di sekitarnya. Radiator menyerap panas lingkungan, lalu didinginkan dengan bantuan media plat/air yang berada didalamnya. Para pengembang property banyak yang menggunakan radiator sebagai penyejuk ruangan. Radiator diinstal sedemikian rupa sebelum rumah dicor dengan beton.


Radiator pada mobil umumnya terpasang di bagian depan. Radiator berfungsi untuk mendinginkan air yang menjadi panas setelah beredar dalam mantel air pendingin pada mesin.

Radiator mempunyai dua tabung air, terletak di atas dan di bawah. Di tabung bagian atas terdapat lubang pengisian air, pipa pemasukan air dari mantel pembuangan dan di tabung bagian bawah terdapat kran pembuangan air, dan pipa penghubung ke mesin.

Radiator pada awalnya hanya berupa plastik yang mengelilingi pipa-pipa tembaga atau kuningan yang berisi air yang mengalir di dalamnya. Sekitar tahun 1920, beberapa pabrikan kendaraan seperti General Motor, telah mengganti pipa radiator menjadi berbentuk oval, sehingga menjadikannya lebih efisien.


Setelah dimensi mesin bertambah besar dan panas, perusahaan mulai menambahkan beberapa bagian seperti kipas, agar udara yang melalui pipa  terjaga tetap konstan. Dan juga ditambahkan pompa air untuk mendorong air melalui pipa-pipa tersebut. Sekarang, pabrikan mulai menggunakan cairan kimia anti-beku ke dalam plastik pendingin untuk mencegah kegagalan plastik pendingin pada saat cuaca bersuhu rendah.

Awalnya radiator menggunakan pipa berdiameter 1/2 inchi. Pada tahun 1940, pabrikan Ford mulai bereksperimen menggunakan pipa yang lebih besar. Permasalahan muncul ketika diameter pipa yang digunakan bertambah besar maka dinding pada pipa harus lebih tebal untuk mencegah kebengkokan pada saat diberi tekanan. Hal ini menyebabkan radiator bertambah berat tetapi membuatnya lebih efisien.

Pada tahun 1970, pabrikan kendaraan bereksperimen menggunakan radiator yang berinti banyak, serta bereksperimen terhadap ukuran dan ketebalan pipa. Beberapa pabrikan bahkan ada yang mencoba menggunakan plastik untuk membuat radiator menjadi ringan. Dan sekarang beberapa kendaraan menggunakan radiator berbahan aluminium yang lebih ringan dan dengan desain leebih baik.

Bagian-Bagian Radiator
  1. Tabung air atas (upper tank), berfungsi sebagai penampung air sebelum air masuk ke dalam kisi-kisi (tube) radiator.
  2. Tabung air bawah (lower tank), berfungsi sebagai penampung air dari kisi-kisi (tube) radiator
  3. Sambungan selang atas, berfungsi sebagai jalan masuk air ke radiator.
  4. Sambungan selang bawah, berfungsi sebagai jalan keluar air dari radiator
  5. Kisi-kisi (tube), dengan memiliki konstruksi pipih dan memanjang diharapkan air dapat mentransferkan panasnya dengan efisien.
  6. Sirip-sirip (fin), berfungsi untuk membuat turbulensi udara di sekitar kisi-kisi (tube) agar pendinginan air lebih efisien.
  7. Tutup radiator, berfungsi untuk menutup radiator serta mengatur dan menaikkan tekanan dalam sistem pendingin.
  8. Kran pembuang (drain cock), berfungsi untuk membuang air yang ada di dalam radiator.

0 comment:

Posting Komentar