Home » » Landing Gear

Landing Gear


Perkembangan dunia penerbangan merupakan hal yang tersendiri dalam kecepatannya bila dibandingkan dengan perkembangan dalam bidang lainnya, oleh karena itu perusahaan penerbangan dituntut oleh perubahan zaman untuk semakin meningkatkan kemampuannya dalam penanganan masalah-masalah yang akan dihadapi.



Dalam dunia penerbangan saat ini fasilitas – fasilitas di dalam pesawat terbang perlu diperhatikan khususnya mengenai masalah keamanan dan nilai ekonomis sehingga dapat tercapai kenyaman di dalam pesawat terbang. Pesawat terbang sekecil dan sesederhana apapun selalu dibuat dengan desain untuk mendekati kesempurnaan dari segi keamanan terbang.

Pada pesawat-pesawat modern dengan perlengkapan yang canggih serta pesawat yang dapat terbang dengan waktu yang relatif lama, tidak hanya Safety factor yang dipikirkan akan tetapi kenyamanan dan kenikmatan untuk penerbangan atau penumpang juga diperlukan. Hal ini untuk mengurangi rasa lelah yang mengakibatkan para crew mengalami fatique, semua itu pada dasarnya untuk tujuan yaitu tingkat kenyamanan penerbangan.

Landing gear (roda pendarat) merupakan salah satu komponen penting dalam struktur pesawat terbang. Terutama poros roda  yang berfungsi menahan beban pesawat terbang saat pesawat terbang berada di darat dan menahan beban impact saat pesawat terbang melakukan pendaratan (landing).

Beban yang diterima oleh poros roda  dari pesawat terbang dapat dianalisis dalam dua kondisi, yakni kondisi statik dan kondisi dinamik. Kondisi beban statik dimana beban yang diterima oleh struktur poros roda  hanyalah beban yang berasal dari berat pesawat itu sendiri, kondisi ini dapat dianalisis pada saat pesawat terbang berada diam di landasan. Kondisi beban dinamik dimana beban yang diterima oleh struktur poros roda  merupakan beban yang berasal dari berat pada kondisi  saat pesawat udara melakukan Landing.

Struktur pesawat udara didesain agar mampu menahan semua beban yang terjadi selama pesawat beroperasi maupun saat berada di darat. Beban ini dapat ditimbulkan karena gaya gravitasi, aerodinamis, maupun inersia. Besarnya beban yang diterima oleh setiap komponen pesawat tidaklah selalu sama. Hal ini banyak tergantung dari posisi pesawat itu sendiri. Adapun beberapa posisi pesawat pada saat pembebanan diantaranya : 
  • Pada keadaan tak bergerak (kondisi statis)
  • Taxying
  • Take Off (Lift Off) 
  • Landing (Pendaratan)

0 comment:

Poskan Komentar