Home » » Kunci Inggris

Kunci Inggris


Kunci Inggris adalah kunci untuk melepas atau memasang mur/baut yang dapat disetel menyempit atau melebar menyesuaikan dengan ukuran mur atau bautnya. konstruksinya terdiri dari rahang diam, rahang geser ulir penyetel dan lengan. Apabila ulir penyetel diputar rahang geser akan bergerak menyempit atau melebar.


Penggunaan kunci ini sangat tidak dianjurkan, digunakan hanya pada saat tertentu saja. Melepas atau memasang mur/baut dianjurkan dengan kunci ring atau kunci sock, karena jika terlalu sering menggunakan kunci inggris dapat mengakibatkan sudut heksagonal mur atau kepala baut lebih cepat tumpul sehingga menjadi bundar (selek). Kunci inggris juga mempunyai nomor ukuran yang menunjukan lebar jangkauan rahangnya.




Kecelakaan akibat salah penggunaan, sebagai berikut :
  1. Luka / lecet, amputasi, jika alat-alat tangan dirancang untuk memotong atau memindahkan logam dan kayu, ingat apa yang slip satu yang dapat dilakukan untuk rapuh daging manusia. 
  2. Gerakan berulang cedera. Menggunakan alat yang sama dengan cara yang sama sepanjang hari, hari demi hari, dapat stres otot dan sendi manusia. Carpal tunnel syndrome (peradangan selubung saraf di pergelangan tangan) dan cedera pada otot, sendi dan ligamen semakin umum jika alat yang salah digunakan, atau alat yang tepat digunakan secara tidak benar. Cedera dari getaran terus menerus juga dapat menyebabkan mati rasa atau sirkulasi yang buruk di tangan dan lengan. 
  3. Cedera mata. Serpihan dari kayu atau logam adalah bahaya umum, sering menyebabkan kebutaan perlu dan permanen. 
  4. Patah tulang dan memar. Tools dapat terpeleset, jatuh dari ketinggian, atau bahkan akan dilemparkan oleh karyawan ceroboh, menyebabkan cedera parah. Sebuah kunci inggris yang jatuh dari tangga adalah senjata yang mematikan. 

Keselamatan  Kerja Menggunakan Kunci Inggris.
  1. Gunakan alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Jangan gunakan kunci inggris anda sebagai palu.
  2. Pastikan pegangan dan pijakan yang aman ketika menggunakan kunci inggris yang besar. 
  3. Apabila menggunakan kunci inggris,gunakanlah tangan yang paling kuat untuk menghindari cedera otot tangan anda.
  4. Pakailah kacamata pengaman atau faceshield di mana ada bahaya kemungkinan terbang partikel atau jatuh puing-puing.
  5. Pilih ukuran rahang yang benar untuk menghindari slip.
  6. Pastikan bahwa rahang terbuka kunci inggris berakhir dalam kontak penuh (rapat, datar, tidak miring) dengan mur atau baut sebelum menerapkan tekanan.

Perawatan Kunci Inggris.
  1. Bersihkan kunci setelah memakainya dari oli.
  2. Simpan kunci di tool box agar tidak sulit mencarinya kembali.
  3. Setelah menggunakan kunci,dianjurkan agar menutup kembali rahang kunci hingga rapat
  4. Jangan memukul sebuah kunci inggris dengan palu, atau objek yang sama, untuk mengencangkan lebih kuat.

0 comment:

Posting Komentar