Home » » Kamboja Jepang yang Unik

Kamboja Jepang yang Unik



Kamboja jepang disukai orang karena sosok tanamannya kecil, tidak seperti kamboja lainnya. Sosok tanaman kamboja biasa (Pluneriaobtusa) umumnya besar, sedangkan kamboja jepang (Adenium obesum) hanya dapat mencapai tinggi 2 m. Kedua tanaman ini dapat beradaptasi dengan lingkungan padang pasir.cabang tanaman kaboja hanya sedikit, berdaging tebal, lunak, dan banyak mengandung air sehingga kamboja dapat tahan hidup dilingkungan kering. Begitu juga daunnya, berdaging tebal, mengkilap (karena berlapis lilin), dan kutilanya tebal sehingga dapat menurangi penguapan yang banyak terjadi di padang pasir.



Tanaman yang terkenal dengan sebutan kamboja jepang ini sebenarrnya bukan berasal dari negeri sakura, melainkan dari Benua Afrika, tepatnya Tanzania, Kenya, atau Uganda. Tanaman ini juga terkenal dengan julukan the rose of desert alias mawar padang pasir. Hal ini karena kamboja jepang tetap berbunga indah dalam habitat yang berupa pading pasir, warna bunganya pun pink, mirip warna dasar bunga mawar.
Bunga kamboja jepang berbentuk terompet, berwarna pink sehingga kontras dengan daunnya yang hijau gelap. Penggemarrnya semakin banyak, apalagi bila kamboja ini ditampilkan dengan batang yang menggembung. Bagian yang menggembung ini dapat ditafsirkan bermacam-macam bentuk, misalnya seperti orang jongkok, katak, dan sebagainya.


1 comment:

  1. lam kenal juga mas...jagan cuma kenal tapi akrap ya hix hix hix...ane punya kamboja tapi ane bonsai kalau tinggi di marahin tetangga..umur 3th kali ya ..

    BalasHapus