Home » » Termoekonomi

Termoekonomi


Termoekonomi adalah cabang dari ilmu termal yang mengkombinasikan analisis termodinamika suatu sistem termal (secara analisis eksergi) dengan prinsip ekonomi untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus dianalisis dari suatu sistem termal tersebut untuk meningkatkan efisiensinya secara keseluruhan baik dari segi prestasi termal maupun ekonominya. Hasil dari analisis termoekonomi adalah berupa informasi khusus yang tidak bisa diperoleh dengan analisis termodinamika konvensional ataupun analisis ekonomi secara umum. Informasi ini berguna untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat di koreksi dari suatu sistem, sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk mengurangi kerugian ataupun memperbaiki efisiensi sistem yang dianalisis, dalam hal ini adalah suatu sistem yang harus melakukan proses-proses termal untuk melakukan produksi, seperti pembangkit listrik ataupun pabrik-pabrik industri.

Menurut Adrian Bejan, George Tsatsaronis dan Michael Moran dalam bukunya “Thermal Design and Optimization”, sebuah analisis termoekonomi yang lengkap terdiri dari empat langkah yaitu :

  1. Analisis eksergi, dimaksudkan untuk mengetahui laju aliran eksergi (energi berguna) dari setiap titik aliran substansi dari suatu sistem termal.
  2. Analisis ekonomi, dimaksudkan untuk mengetahui laju biaya dari setiap komponen suatu sistem termal berdasarkan analisis yang menggunakan parameter-parameter ekonomi.
  3. Analisis pembiayaan eksergi, dimaksudkan untuk mengetahui laju biaya dari setiap aliran substansi suatu sistem termal yang didasarkan pada data hasil analisis eksergi.
  4. Evaluasi termoekonomi, dimaksudkan untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat dikoreksi dari analisis sebelumnya, sehingga dapat ditinjau kembali untuk menyusun informasi acuan baru demi mengurangi kerugian ataupun memperbaiki efisiensi sistem termal yang dianalsis.

1 comment:

  1. Pither Palamba27 April 2012 23.10

    Saya lihat bahwa termoekonomi sangat berkembang khusunya di Eropa tapi di Indonesia sangat jarang padahal analisis secara termoekonomi merupakan alat yang ampuh untuk memahami interkoneksi antara termodinamika dan ekonomi. Metode termoekonomi adalah alat berharga dalam optimisasi sistem energi yang kompleks yang tidak didapatkan dalam analisis secara energi berdasarkan hukum termodinamika I. Bahkan melalui evaluasi dan optimasi termoekonomi kita dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya-biaya terkait operasi dan perawatan.

    jadi bagaimana kalau termoekonomi mulai dipopulerkan khususnya di kurikulum perguruan tinggi?

    Trims, salam.

    pitherkribo@yahoo.com

    BalasHapus