Home » » Mengatur Internet Download Manager (IDM)

Mengatur Internet Download Manager (IDM)



Kegunaan Internet Download Manager (IDM) adalah mempercepat proses unduh. Tetapi, dampaknya bisa mengakibatkan bandwitch tersedot. Sehingga jika mengunduh lewat hotspot, user lain akan melambat koneksinya. Bahkan, ketika saya menunggu proses unduhan, koneksi Facebook jadi melambat. Karena seringnya saya mengunduh pakai IDM, teman saya yang punya Cafe hotspot meminta agar mengurangi kecepatan unduhan. Oleh karena itu, saya mempergunakan salah satu fitur IDM yaitu Speed Limiter. Kegunaannya, untuk membatasi kecepatan unduh. Cara mengaturnya sebagai berikut :

  1. Klik Downloads kemudian tunjuk Speed Limiter
  2. Jika ingin mengaktifkan limiternya klik Turn On seperti gambar di bawah ini
  3. Untuk mengatur batasan kecepatannya, klik Setting
  4. Input besar kecepatan yang diinginkan pada kotak putih (Maximum download speed for one file)
  5. Setelah klik OK, maka kecepatan download anda akan dibatasi sehingga user lain tidak terganggu dengan kegiatan unduhan IDM.
Dengan membatasi kecepatan unduh, apalagi disaat menggunakan wifi di Cafe Hotspot yang ramai usernya. Artinya anda dapat berbagi meskipun hotspot yang ditawarkan gratis dan anda sudah memesan minuman atau makanan.

Kemudian, bagaimana perhitungan speed limiternya ? Berdasarkan pengalaman saya, jika hotspot menggunakan Speedy maka diasumsi kecepatan maksimalnya rata-rata 100 kbps. Jika user Cafe hotspot ada 5 orang, maka perhitungannya adalah (100 kbps/5) + 10 kbps = 30 kbps. Tetapi, semua itu bergantung dari anda sendiri. Seberapa tegakah anda untuk tidak berbagi bandwitch !?

13 comment:

Poskan Komentar